Ad Unit (Iklan) BIG

Klik Tombol Di Bawah untuk Mengunduh Video

►Disini untuk Unduh Video◄

4 Jenis Penggunaan Batuan Alami Untuk Eksterior Rumah

4 Jenis Penggunaan Batuan Alami Untuk Eksterior Rumah

 


Anda tentunya sudah mengenal jenis – jenis batuan alam dan tentunya juga sudah sering melihat rumah yang menggunakan batuan alam pada arsitektur bangunannya.

Dengan keluarnya trend Back To Nature dalam dunia arsitektur, maka juga semakin banyak bangunan yang menggunakan material alami termasuk batu alam.

Dengan menggunakan batuan alami, maka ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk mendapatkan sebuah rumah impian yang lebih menyatu dengan alam dan menyuguhkan kesan yang natural.

Jika batuan alami ini ditata dengan baik dan tepat, maka hasilnya akan terlihat dinamis dan juga tidak terlihat monoton.

Batuan alam sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk eksterior rumah saja, namun juga sangat baik digunakan untuk interior rumah.

Pada kesempatan kali ini, akan memberikan beberapa cara menggunakan batuan alami pada eksterior rumah anda untuk tampilan rumah yang lebih alami.


Batuan Alami Untuk Eksterior Rumah


1. Taman

Menggunakan batuan alami pada area taman juga bisa menyuguhkan kesan yang natural dan umumnya batuan alami ini digunakan sebagai batuan pijakan akses keluar dan masuk taman.

Selain itu, juga digunakan sebagai titik fikus pengganti tanaman dinding yang sangat dekoratif ataupun pada bidang datar dekat dengan area gazebo.


2. Pagar

Kegunaan dari pagar tidaklah hanya sebagai pembatas rumah dengan area luar rumah saja, akan tetapi juga merupakan bagian dari fasad yang juga sangat memerlukan kreativitas dalam pembuatannya.

Biasanya material yang digunakan untuk membuat pagar adalah besi, stainless steel, kayu atau bambu.

Namun pagar juga bisa dibuat dari material batuan alami dan akan memberikan tampilan yang kokoh namun tetap berkesan alami.

Pagar yang terbuat dari batuan alami ini juga bisa menghilangkan kesan kaku yang terdapat pada eksterior sebuah rumah.

Beberapa jenis batuan alami yang sering digunakan sebagai material pagar adalah candi, batu andesit, paras kebumen, travertine, paras jogja dan juga batu kali.


3. Kolam Ikan Atau Kolam Renang

Kolam ikan atau kolam renang yang terletak pada taman merupakan sebuah area khusus yang eksklusif dalam sebuah hunian.

Tidak hanya mempunyai nilai estetika, kolam ikan atau kolam renang juga bisa digunakan sebagai sarana bersantai dan rekreasi.

Penggunakan batuan alam pada kolam ikan dan kolam renang tentunya akan langsung memberikan kesan natural dan juga menambah nilai estetika pada taman tersebut.

Jenis batuan alami yang digunakan untuk membuat kolam ikan ataupun kolam renang sebaiknya berupa batuan yang tidak mudah berlumut dan mempunyai karakter yang keras seperti contohnya batu paras, natu palimanan, batu candi, batu bali green ataupun batu paras putih jogja.


4. Carport

Carport merupakan pelataran dibagian depan rumah yang menghubungkan area pintu pagar dengan teras dan juga garasi.

Desain dari carport juga sangat bervariasi dan contoh batuan yang bisa anda gunakan adalah kombinasi dari batuan alor hitam dengan batu kerikil.

Dengan menggunakan batuan alami pada carport, maka bisa sekaligus meminimalisir terpeleset karean licin dan sedang tergesa – gesa.

Beberapa hal yang oerlu anda pertimbangkan dalam menggunakan batuan alam untuk eksterior rumah adalah jenis batuan yang digunakan harulah tahan terhadap iklim dan juga cuaca sebab Indonesia memiliki dua iklim yakni hujan dan tropis, maka resiko ditumbuhi lunut lebih tinggi.

Selain itu batuan alami juga harus memiliki struktur yang kuat dan tidak memiliki pori sehingga lumut tidak mudah tumbuh pada batuan alami tersebut.

Demikianlah pembahasan kami kali ini tentang penggunaan batuan alami untuk eksterior rumah anda, semoga bisa menginspirasi anda dan terima kasih sudah berkunjung ke situs kami.

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021